ANTIKRISTUS SEBAGAI PENGUASA DUNIA – Oleh Pdt.J.S.Minandar (Ibadah Raya 2, Minggu 17 Oktober 2021)

Wahyu 13:1,2

Wahyu 13:1

“Lalu aku melihat seekor binatang keluar dari  dalam  laut,  bertanduk  sepuluh  dan berkepala tujuh; di atas tanduk-tanduknya terdapat sepuluh mahkota dan pada kepalanya tertulis nama hujat.

Wahyu 13:2

Binatang yang kulihat itu serupa dengan macan tutul dan kakinya seperti kaki  beruang dan mulutnya  seperti  mulut singa. Dan naga itu memberikan kepadanya kekuatannya, dan takhtanya dan kekuasaannya yang besar.”

PENDAHULUAN

Tentang Antikristus, siapakah dan seperti apa latar belakang Antikristus itu?

Antikristus – manusia bukan binatang atau monster.

Awalnya Antikristus ialah seorang hamba Tuhan yang dipakai Tuhan dengan luar biasa.

Catatan : setiap orang yang percaya kepada Yesus, kita adalah orang yang dipanggil dan dipilih oleh Tuhan untuk maksud dan rencana Allah yang mulia ( Yohanes 15:16 )

KEHEBATAN ANTIKRISTUS

Sebagai orang yang dipanggil, dipilih Allah, awalnya Antikristus adalah seorang hamba Tuhan yang dipakai Tuhan dengan luar biasa.

Dalam Wahyu 8:10.

Antikristus digambarkan seperti: “Bintang besar,  yang menyala-nyala seperti obor…”

Suatu gambaran bahwa antikris adalah seorang hamba Tuhan yang dipakai Tuhan dan telah menjadi berkat yang luar biasa bagi umat manusia, seperti pengaruh bintang terang yang memberkati tetapi …

ANTIKRISTUS TIDAK SETIA

Kasih Karunia; Talenta; Berkat; Kuasa dan Mukjizat yang Allah karuniakan bagi hamba Tuhan yang satu ini, telah disalahgunakan sehingga ia (Antikristus) ini dibuang Allah seperti bintang  yang jatuh atau dibuang ke dalam kegelapan, Wahyu 8:10,11

Sebagai bentuk rasa kecewa antikristus kepada Allah, antikristus menyeret para pengikut Yesus untuk menjadi pengikutnya.

Wahyu 8:10,11 “Bintang yang jatuh yaitu (Antikristus) menimpa sungai-sungai dan mata-mata air, sehingga sungai-sungai dan mata air itu menjadi pahit…”

Arti: “Sungai-sungai dan mata-mata air”, dalam Yohanes 7:38 adalah gambaran para pengikut Yesus atau orang-orang percaya yang hidupnya seperti pancaran air hidup yang memberkati orang di sekitarnya.

Catatan: Sebab itu kita sering diingatkan agar kita tidak menyimpan akar pahit di dalam hati kita, Ibrani 12:15.

MENYERAHKAN DIRI KEPADA IBLIS

Berikutnya, antikristus menyerahkan diri kepada iblis untuk dipakai iblis menjadi alat iblis.

Wahyu 13:2a

Ayat ini menunjukkan bentuk sakit hati antikris-tus, dimana antikristus menyerahkan hidupnya kepada iblis untuk dipakai iblis menjadi alat iblis untuk maksud, tujuan dan rencana iblis.

Di ayat ini iblis memberi kepada antikristus: KEKUATANNYA dan TAKHTANYA /kedudukan dan KEKUASAANNYA yang besar, sehingga…

Antikristus jadi manusia yang paling berkuasa dan bisa melakukan apa saja di bumi seperti yang dilakukan iblis.

Sebagai contoh…

  1. Punya Kuasa Membuka Pintu Jurang Maut

Mulai saat itu, Antikristus resmi di hadapan Iblis menjadi satu-satunya penguasa dunia yang punya kekuatan, kedudukan (takhta) dan kekuasaan yang setara dengan Iblis.

Wahyu 9:1-5, Antikristus membuka pintu jurang maut untuk menyiksa manusia agar semuanya tunduk kepada dia dan Iblis.

  1. Memaksa menyembah iblis dan antikristus

Wahyu 13:4

Memaksa semua orang untuk mengucapkan : “siapakah yang sama seperti binatang ini, kepada antikristus.”

Kalau pengikut Yesus menolak mengucapkannya maka antikristus tidak segan-segan untuk menganiaya bagi yang menolak mengucapkannya.

  1. Dipaksa menghujat Allah yang benar

Wahyu 13:5

Disatu sisi disuruh untuk memuji iblis, antikris, nabi palsu (Wahyu 13:4) tetapi disisi lain dipaksa untuk menghujat nama Allah (Wahyu 13:6)

  1. Memerangi orang kudus

Wahyu 13:7

Dengan cara apakah antikris memerangi orang-orang kudus atau orang-orang percaya yang tertinggal atau tidak turut disingkirkan dipadang gurun?

– tidak bisa bertransaksi ( Wahyu 13:16-17 )

– Penyiksaan fisik ( Matius 24:21 )

BELAS KASIHAN ALLAH

Tetapi, Allah mengerti kekuatan manusia sangat terbatas. Sebab itu Allah tunjukkan belas kasihan-Nya kepada orang percaya yang tertinggal yaitu Lima Gadis  Bodoh, yaitu orang percaya yang tidak turut disingkirkan ke padang gurun.

CARANYA:

Matius 24:22 “Dan sekiranya waktunya tidak dipersingkat, maka dari segala yang hidup tidak akan ada yang selamat; akan tetapi oleh karena orang-orang pilihan waktu itu akan dipersingkat.”

Umur para pengikut Yesus di masa itu akan dipersingkat.

Leave a comment

Your email address will not be published.